Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Memori Penuh di Android, Ponsel Menjadi Cepat Kembali

Cara mengatasi memori penuh
Smartphone memiliki beragam spesifikasi, mulai dari yang standar hingga yang tinggi. Banyak sekali aplikasi-aplikasi baru yang memerlukan kapasitas yang cukup besar untuk diunduh. Apalagi bagi kalian yang memiliki spesifikasi smartphone yang standar. Bisa-bisa memori akan menjadi penuh nantinya dan menyebabkan lemot/lag di smartphone kalian. Maka perlu sekali untuk mengatasi memori penuh.

Memori pada ponsel terbagi menjadi dua yaitu, memori internal dan memori eksternal. Memori internal adalah tempat penyimpanan data-data yang ada di smartphone. Ketika kalian mendownload game-game yang ada di playstore, nantinya akan tersimpan di memori internal ini. Sedangkan memori eksternal adalah tempat penyimpanan tambahan yang dapat digunakan. Namun, tidak semua smartphone memiliki memori eksternal.


Nah, bagaimana jika memori internal smartphone kalian sudah penuh? maka diperlukannya cara mengatasi memori penuh agar smartphone kalian lancar jaya kembali.

Cara Mengatasi Memori penuh

1. Rajin bersihkan cache

Cache adalah sisa-sisa data yang sudah tidak digunakan lagi. Daripada dibiarkan di smarphone lama-lama, tentunya lebih baik dibersihkan agar smartphone tidak lemot. Untuk membersihkan cache ini pergi menuju setting. Kemudian pilih opsi aplikasi. Lalu tekan kelola aplikasi dan pilih aplikasi yang sering digunakan. 

Setelah itu, tekan penyimpanan.  Nantinya akan muncul fitur hapus data di bagian bawah. Tekan lalu pilih bersihkan cache. Lakukan hal yang sama pada aplikasi lainnya agar data-data yang tidak digunakan bisa terhapus semua.

2. Kurangi install aplikasi yang berat

Menginstall aplikasi yang berat merupakan salah satu penyebab memori kalian menjadi penuh. Apalagi spesifikasi smartphone kalian bisa dikatakan standar. Sebaiknya install aplikasi yang mirip tetapi memiliki ukuran file yang lebih kecil agar saat digunakan tidak membebani smartphone secara berlebihan.

3.Pindahkan aplikasi ke memori eksternal

Cara selanjutnya yang dapat digunakan adalah memindahkan aplikasi yang telah di install ke memori eksternal. Sebelum itu, pastikan memori eksternal cukup untuk menyimpan aplikasi yang ingin dipindahkan.Hal ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan selain menguninstall aplikasi yang berat jika tidak ingin dihapus.

4. Atur Lokasi penyimpanan foto kamera.

Ketika kita sedang mengambil gambar melalui smartphone, otomatis foto tersebut akan tersimpan di memori internal smartphone. Sebaiknya ubah settingan smartphone agar foto yang tersimpan otomatis berpindah ke memori eksternal. Untuk mengubahnya, buka aplikasi kamera. Pilih setting dan klik simpan ke kartu SD.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi memori penuh agar saat membuka aplikasi menjadi cepat kembali tanpa ada kendala.