Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas Agar Nyaman Saat Digunakan

cara mengatasi hp android cepat panas
Di zaman yang modern sekarang ini, aktivitas yang dilakukan sehari-hari tentunya tidak lepas dengan menggunakan hp. Apalagi di masa pandemi ini, hampir semua kegiatan pastinya menggunakan hp karena dibatasinya interaksi diluar rumah agar mengurangi penularan virus corona. Namun, karena terlalu seringnya menggunakan hp, terkadang hp bisa menjadi sangat panas yang disebabkan penggunaan secara terus-menerus. Oleh karena itu, diperlukan cara mengatasi hp android cepat panas agar nyaman saat digunakan.

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan hp menjadi cepat panas. Baik hp yang masih baru ataupun yang sudah lama, bisa saja mengalami panas yang perlu diketahui penyebabnya. Maka dari itu, berikut cara mengatasi hp android cepat panas agat nyaman saat digunakan.

1. Suhu Ruangan
Ketika menggunakan hp saat beraktivitas, kalian juga harus memperhatikan tempat/ruangan yang kalian tempati. Ketika ruangan yang kalian tempati memiliki suhu yang cukup panas, maka memungkinkan hp akan menjadi panas juga dan sebaliknya jika suhu ruangan dingin, bisa saja suhu hp kalian akan menjadi dingin juga.

2. Batasi Pemakaian HP
Dalam menggunakan hp untuk bebagai kegiatan, pemakaian hp juga harus diperhatikan agar hp menjadi tahan lama dan tidak mudah panas. Sama halnya seperti kita, ketika bekerja secara terus-menerus tentunya lama-kelamaan akan menjadi lelah. Hp pun sama, ketika dipaksa untuk bekerja secara terus-menerus dapat menyebabkan daya tahan hp menurun dan menimbulkan panas yang berlebihan.

3. Periksa Baterai Hp
Penggunaan hp yang terlalu berlebihan merupakan salah satu penyebab hp menjadi panas. Ketika hp sudah menjadi panas maka memungkinkan merusak komponen-komponen lainnya yang ada di hp tersebut. Maka sebaiknya baterai hp harus diperiksa secepat mungkin.

4. Pemilihan Casing yang Tepat
Pemilihan casing yang tepat juga merupakan salah satu faktor penyebab hp menjadi hp. Terdapat beberapa casing yang memiliki bahan yang sulit untuk melepaskan panas. Dari hal ini, ketika panas yang dihasilkan hp muncul dan tidak bisa dilepas dengan baik karena casing yang digunakan, maka menyebabkan panas tertahan dan hp menjadi panas.

5. Penggunaan Wifi yang efektif
Jika wifi sudah tidak digunakan, maka sebaiknya matikan wifi agar hp bisa menjadi tahan lama dan menurunkan suhu panas yang ada di hp.


6. Hindari Penggunaan Hostpot
Fitur Hostpost Merupakan penyebab dari hp menjadi cepat panas dan juga menjadikan beterai cepat habis. Sebaiknya jangan terlalu sering dalam menggunakan fitur hostpot yang ada di hp. Alternatif lainnya yang dapat kalian gunakan adalah menggunakan provider agar hp menjadi awet.

7. Sisakan Ruang Penyimpanan
Dalam penggunaan hp, sebaiknya sisakan ruang penyimpanan yang cukup agar tidak menyebabkan hp menjadi panas. Kalian bisa menyisakan penyimpanan yang kosong dengan cara menghapus file, foto, dan video yang dirasakan sudah tidak diperlukan lagi. Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus file-file sampah yang masih berada di hp tersebut.

8. Mematikan Fitur Getar di HP
Menggunakan fitur getar di hp juga merupakan salah satu penyebab hp menjadi panas. Sebaiknya nonaktifkan fitur getar yang ada di hp jika tidak terlalu dibutuhkan agar mengurangi panas yang muncul.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi hp kalian agar tidak cepat panas. Dengan sering merawat hp dengan sebaik mungkin merupakan kunci utama agar hp terhindar dari kerusakan dan panas yang berlebihan.