Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengatasi Laptop Lemot di Windows 10, Mudah dan Cepat

cara mengatasi laptop lemot

Mengatasi laptop lemot- Seiring berjalannya waktu, Ketika kita selalu menggunakan laptop secara terus-menerus tentunya hal ini akan mempengaruhi performa dari laptop tersebut. Apalagi kita sering menjalankan aplikasi yang bisa dibilang sangat berat sekali untuk laptop.

Apabila hal ini terjadi dengan laptop anda, tenang saja karena tentunya ada beberapa solusi yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga : Cara Mengambil Gambar di Google Agar Tidak Terkena Hak CIpta

Namun sebelum itu, ada baiknya kita harus mengetahui penyebab dari lemotnya laptop itu sendiri contohnya seperti terlalu banyak aplikasi yang berjalan otomatis dibelakang layar, Laptop yang jarang dibersihkan, Memori yang sudah sangat penuh.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi lemot pada laptop anda.

1. Uninstall Aplikasi yang terlalu berat

Dalam menjalankan aplikasi tentunya kita harus melihat seberapa besar ukuran aplikasi tersebut. Laptop tentunya memiliki beragam spesifikasi untuk mengukur apakah laptop tersebut bisa menjalankan aplikasi yang berat atau tidak. 

Kalian harus bijak dalam menjalankan aplikasi yang dirasa mampu dijalan oleh laptop atau tidak. Jika laptop tidak kuat dalam menjalankan aplikasi yang berat, sebaiknya dihapus saja dan ganti dengan aplikasi yang mirip tetapi beda ukurannya. 

2. Pakai Antivirus

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk megatasi lemot adalah dengan menginstall anti virus. Laptop sangat rentan sekali terserang virus apalagi kalian yang sering menginstall aplikasi sembarangan. 

Laptop dengan sistem operasi windows juga sangat rentan sekali terkena virus dibandingkan laptop yang menggunakan sistem operasi macOS. Laptop yang terserang virus tentunya akan memunculkan beberapa gejala, salah satunya adalah lemot ini.

Oleh karena itu, sebaiknya jika kalian memiliki laptop baru ataupun yang sudah lama menginstall antivirus adalah pilihan yang tepat agar menjaga performa laptop dengan baik.

3. Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Kita harus menyesuaikan aplikasi yang kita ingin gunakan dengan spesifikasi laptop itu sendiri. Jika spesifikasi laptop kalian tergolong standar maka jangan membuka banyak aplikasi dalam satu waktu ataupun membuka aplikasi yang sangat berat karena hal ini akan membuat laptop menjadi lemot. 

4. Bersihkan Desktop dari aplikasi atau file yang tidak digunakan

Salah satu kesalahan orang dalam menggunakan laptop adalah tidak memperhatikan file atau aplikasi yang tidak digunakan. Biasanya Ketika file atau aplikasi sudah tidak digunakan, orang-orang akan cenderung untuk membiarkannya saja. 

Padahal hal ini sangat berhubungan sekali dengan performa laptop kalian. Semakin banyak file sampah yang dibiarkan saja maka akan membuat laptop akan semakin lemot. Sebaiknya dibersihkan file yang tidak dipakai lagi dan aplikasi yang tidak digunakan secara berkala agar performa laptop tetap terjaga dan terhindar dari lag atau lemot.

5. Tambah Kapasitas RAM

RAM sangat berperan penting dalam penggunaan laptop. Semakin besar RAM kalian maka semakin banyak aplikasi yang bisa kalian jalankan dalam satu waktu. Karena salah satu penyebab laptop lambat adalah banyaknya aplikasi yang dijalankan dalam satu waktu dan laptop memiliki ram yang kecil. Sudah pasti hal ini akan menyebabkan laptop lemot.

6. Ganti Memori HDD Menjadi SSD

Mengganti memori dari HDD menjadi SSD merupakan hal yang sangat dianjurkan agar saat menjalankan aplikasi akan berjalan dengan cepat. Karena laptop yang menggunakan HDD dengan Laptop menggunakan SSD akan jauh sekali perbedaan kecepatannya saat membuka aplikasi.

Namun perlu diketahui juga tidak semua laptop bisa diganti memorinya dari HDD menjadi SSD. Jadi kalian harus cari tahu terlebih dahulu apakah laptop kalian bisa diubah ke SSD atau tidak.